Cara Membedakan Burung Ciblek Jantan Dan Betina

Membedakan ciblek jantan dan betina itu sedikit sulit, apalagi kalau kamu pemula dalam memelihara burung jenis ini. Namun, bisa dilakukan dengan mudah asalkan kamu sudah berpengalaman untuk melakukan analisa perbedaannya.

Tapi tenang saja, meskipun kamu bisa dikatakan newbie, saya akan coba memberitahukan cara gampang membedakan burung ciblek yang betina dan jantan. Hal ini bisa terlihat dari ciri-cirinya sebagai berikut ini.


Perbedaan Ciblek Jantan

ciri-ciri ciblek jantan

ciri-ciri ciblek jantan

  • Perhatikan secara menyeluruh pada bagian tubuh ciblek. Biasanya jika masih kecil atau piyik atau trotol anakan, ciblek jantan memiliki bentuk paruh yang panjang dan ujungnya memiliki warna hitam.
  • Nah, kalau sudah besar lebih gampang lagi membedakannya, kamu perhatikan bagian di bawah paruh, biasanya burung ciblek dewasa akan memiliki paruh yang sangat hitam.
  • Perhatikan juga bagian bulu dada. Perbedaan jantan betina bisa terlihat dari warna bulu bagian atasnya loh. Bila jantan di dadanya terdapat warna bulu hitam keabu-abuan.
  • Bentuk kepala yang bulat dan lumayan besar.
  • Kaki ciblek jantan lebih indentik panjang dan gaya berdirinya juga berbeda dengan ciblek betina.
  • Ciblek adalah jenis burung tarung, jika memang burung yang kamu pelihara adalah jantan, maka jika ciblek didekatkan dengan burung lain maka akan langsung berbunyi dan berinteraksi seperti hendak melakukan pertarungan.
  • Ciri ciblek jantan lainnya adalah dari bentuk paruh yang terlihat besar dan memiliki warna gelap.

Perbedaan Ciblek Betina

jenis ciblek kristal atau dada putih

foto ciblek betina

  • Selain berlawanan diatas, ternyata ciblek betina juga sangat mudah dibedakan dari bentuk badan. Burung betina ciblek biasanya memiliki postur badan yang lebih kecil dan cenderung jarang bunyi.
  • Selain itu, perbedaan burung ciblek betina dan jantan bisa dilihat dari karakter suaranya. Ciblek betina memiliki suara yang lebih lembut atau pelan dibandingkan jantan.
  • Bentuk ekor dan gaya berdiri pun berbeda dari jantan. Kalau betina itu ekornya lebih pendek daripada jantan, dan gaya berdirinya tidak tegap atau gagah.

Nah, bagaimana menurut kalian dengan cara membedakan ciblek betina dan jantan tersebut? Lantas bagaimana menyiasati agar kalian tidak tertipu jika hendak membeli burung ciblek. Apalagi ciblek semi, gunung, kristal, sawah itu membedakannya cukup bervariatif sehingga anda juga harus paham tentang masing-masing burung.