Perawatan Burung Ciblek Supaya Memiliki Bunyi Yang Bagus

Ciblek identik sekali dengan suara yang sangat keras serta gaya tarung yang lumayan bagus. Namun, untuk mendapatkan burung seperti itu, kamu harus melakukan perawatan yang cukup telaten agar ciblek mau berbunyi keras.

Perawatan ciblek yang harus kamu lakukan antara lain adalah dengan memberikan vitamin yang cukup, pemberian ekstra fooding yang bagus serta jangan lupa mix n max makanan ciblek agar burung tidak mudah stres dan mabung.


Cara Merawat Ciblek Dengan Menambah Ekstra Fooding. 

Bukan hanya burung kacer saja yang memiliki makanan ekstra. Ternyata burung ciblek juga harus diberi asupan yang cukup agar memiliki suara atau bunyi yang keras. Nah, yang paling mudah biasanya dilakukan dengan;

1. Pemberian kroto

Ciblek adalah burung pemakan serangga, sehingga kroto merupakan makanan utama mereka selain jangkrik dan lain sebagainya. Nah, kroto bagus diberikan pada ciblek karena dapat dijadikan obat penawar stres.

2. Memberikan Jangkrik

Selain kroto, jangkrik juga bisa dijadikan sebagai ekstra fooding agar ciblek gacor. Untuk memberikannya cukup 2 ekor jangkrik setiap hari. Pagi dan Sore, setelah itu lakukan pengkrodongan agar burung tidak giras.


Perawatan Ciblek Agar Gacor dan Ngebren.

Untuk melakukan hal tersebut, tampaknya kamu harus benar-benar telaten dan sabar karena ciblek nembak atau ngebren itu sangat sulit untuk dirawat. Oleh karena itu, suara juga tergantung dari perawatan yang kita lakukan. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan agar merawat ciblek gacor dengan cepat.

1. Kebersihan

Melakukan pembersihan harus wajib kamu lakukan apabila memelihara burung. Termasuk semua jenis burung seperti kacer, kenari, cucak ijo dan lain sebagainya.

Kebersihan bisa menjadi salah satu penyebab ciblek malas bunyi karena jika kotor maka burung tersebut akan terlihat malas-malasan dan tidak bersemangat. Namun, jika kandang dan minuman bersih maka bisa jadi jaminan ciblek kamu lebih cepat berbunyi.

2. Mandi Rutin

Mandi juga harus dilakukan kepada setiap burung yang kita pelihara. Melakukan perawatan dengan cara memandikan ciblek juga sering dicoba oleh master kicau karena dengan begitu burung jadi lebih terlihat bertenaga. Cara memandikan burung ciblek yang paling mudah kamu lakukan adalah dengan menyemprotkan air bersih, baik menggunakan penyemprotan atau langsung menggunakan selang, atau jika burung dari anakan bisa kamu coba mengunakan bak burung atau keramba (Jika sudah terbiasa).

3. Angin-anginkan

Maksudnya adalah menjemur. Perawatan dengan menjemur ciblek juga bermanfaat agar si burung merasa di alamnya sendiri, sehingga memudahkan kita untuk melatih suaranya. Jika memungkinkan, kamu bisa mengumpan suara burung lain, tapi sayang, ciblek sangat sulit untuk dimasterin.

Nah itu lah perawatan yang perlu dilakukan pada burung ciblek kesayangan kamu. Cara tersebut juga bisa dilakukan ketika kamu ingin merawat kacer dan burung lainnya loh.