Suara Ciblek Yang Ngebren Menjadi Daya Tarik Bagi Peminatnya

Burung ciblek identik dengan suara yang kasar serta alunan nada yang terdengar sangat keras. Bahkan bisa terdengar hingga 50 Meter. Mungkin inilah penyebab kenapa pecinta kicau ingin memelihara burung ciblek tersebut.

Suara yang keras membuat ciblek terkadang dijadikan burung master. Maksudnya burung master adalah sebagai salah satu burung yang wajib dimiliki untuk ditirukan oleh peliharaan lain seperti burung kacer, burung kenari, burung cucak hijau dan lain sebagainya.

Suara ciblek yang bagus itu adalah yang bisa ngebren. Istilah ngebren itu artinya nembak-nembak. Mungkin banyak juga yang bertanya, apa itu suara ciblek ngebren. Kalau ditelaah ya artinya sama saja ciblek dengan suara bunyi nembak-nembak.

Nah, lalu seperti apa ciblek nembak itu? Kalau saya pratekin agak susah tapi kurang lebih ya seperti bunyi “krek krek krek krek” berkali-kali sambil lompat sana-sini.

Pada umumnya suara ngebren burung ciblek membuat harganya meningkat drastis. Ciblek adalah jenis burung yang sangat mudah ditemukan disekitar kita. Jadi bisa saja harganya murah, bahkan saya pernah membeli ciblek bakalan dengan harga 5 ribu per ekornya.

Namun, berbeda cerita jika burung ciblek dengan suara ngebren. Harganya bisa 100 kali lipat loh. Ya, saya pernah tidak sengaja bertanya harga kepada pemilik ciblek jenis kristal atau dada putih. Dan jawaban beliau bikin saya kaget, mengapa tidak.. harga burung tersebut pernah ditawar Rp 500.000,- hanya karena suara ngebren nya yang luar biasa.

Jadi, sepertinya saat ini burung ini bisa dikatakan sangat bagus untuk dipelihara sebagai modal investasi. Apalagi kalau misalnya kita rawat dan mengikuti lomba ciblek. Maka, secara otomatis harganya juga akan jauh lebih mahal.

Tapi, untuk membuat suara ngebren pada ciblek tidaklah mudah. Butuh perawatan yang benar-benar dilakukan dengan tekun. Suara ciblek ngebren itu ada karena rawatan burung yang bagus dan kondisi burung yang sehat.


Membandingkan Suara dengan Burung Lain

Kalau berbicara perbandingan, saya nyerah deh kayaknya. Soalnya ciblek merupakan salah satu jenis burung petarung yang agresif. Saking agresifnya, suara burung ciblek juga terdengar sangat keras dan terarah. Mungkin ngebren itu untuk menakut-ngakuti lawannya.

Dibandingkan suara kacer dan burung lain, bagusan mana?

Wah, kalau berbicara bagus.. saya tetap milih kacer. Selain bisa dijadikan salah satu burung andalan. Kacer juga memiliki variasi suara yang bisa di isi atau masterin. Bahkan, jika kita merawat dari anakan atau trotol, burung kacer bisa jinak dan tentu harganya mahal.

Untuk apa burung ciblek di pelihara, kan banyak di sawah atau sekitar kita?

Kalau saya pribadi sih, sudah pasti untuk melatih burung-burung lain. Tapi, itu tergantung anda. Karena tidak semua burung menyukai ciblek. Karena suaranya yang keras dapat menakuti burung-burung lain. Tapi tenang saja, kalau anda memasterin burung lain dengan benar. Dijamin deh burung ciblek ini berguna dengan suara nya yang keras itu.

Ciblek bisa di masterin suara dari burung lain?

Sejauh ini, saya belum pernah mendengar burung ciblek dengan suara yang aneh-aneh. Mungkin jawaban saya tidak bisa, karena karakter suara ciblek ini tidak bisa diubah.