Cara Perawatan Yang Benar Pada Burung Cucak Ijo Agar Gacor

Cara perawatan cucak ijo sebenarnya sangat gampang dilakukan asal kita memiliki kesabaran dalam merawat burung seperti pemberian minum, memandikan, pemberian jangkrik, ulat hongkong dan lain sebagainya.

Tapi bukan hanya itu saja, ada beberapa perawatan khusus yang harus kita lakukan terhadap burung cucak ijo agar dapat mengeluarkan suara yang bagus dan gacor. Jika kamu penasaran? Kamu harus baca sampai habis artikel ini ya.

Pada pembahasan kali ini, saya sangat tertarik menulis tentang bagaimana melakukan  perawatan burung cucak ijo yang baik dan benar agar  dapat bermanfaat bagi pecinta CI ini (Sebutan cucak ijo).

Cara Perawatan Yang Benar Pada Burung Cucak Ijo Agar Gacor

1. Pemberian Pakan Burung

Untuk masalah pakan, mungkin ini adalah hal utama jika kita berniat memelihara seekor burung dirumah. Pakan yang baik adalah pakan alami yang biasa terdapat di hutan seperti ulat, jangkrik, kroto dan lain-lain.

Oleh karena itu pakan sangat penting untuk menjaga kestabilan burung cucak ijo dalam mengolah suaranya…

…jika tidak, maka burung akan malas mengeluarkan suara indahnya, bagaimana bisa meniru suara burung lain, jika kamu saja malas memberi makan burung tersebut.

2. Pastikan Jantan Betina

Hal ini saya rasa penting, percuma saja kalian melakukan perawatan pada burung betina karena biasanya burung jenis kelamin betina akan sulit berbunyi. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan suara yang bagus makan pastikan kamu memelihara cucak ijo jantan ya.

Jika sudah memastikannya, kamu akan dengan mudah melakukan perawatan cucak ijo jantan karena burung tersebut dapat dimasterin dengan suara burung lain.

3. Kebersihan Kandang atau Sangkar

Jika kandang bersih maka burung juga akan terasa nyaman dan pasti akan merasa disayang oleh pemiliknya. Oleh karena itu, membersihkan kandang itu sangat penting jika ingin memelihara burung tersebut…

…selain itu, hal ini juga dapat mempererat hubungan batin antara burung dengan pemilik dan bisa membuat si cak ijo menjadi lebih anteng dan tidak giras.

4. Lakukan Penjemuran Burung Dengan Tepat

Cara merawat cucak ijo giras bisa dilakukan dengan sering-sering menjemur dengan waktu yang tepat. Waktu yang bagus untuk menjemur cucak ijo adalah pada siang hari antara pukul 08.00 sampai 11.00 atau jika kondisi burung sedang tidak sehat cukup melakukan penjemuran selama 1 jam saja.

Setalah dijemur dibawah terik matahari, lantas burung langsung di angin-anginkan ditempat yang lebih dingin seperti didepan teras rumah atau di gantang di atas garasi.

5. Melakukan Perawatan Dengan Cara Memandikan Burung

Burung juga mandi, hal ini sangat penting bagi burung karena dapat menghilangkan kutu pada bulu-bulunya. Biasanya waktu yang bagus untuk memandikan cucak ijo adalah pagi dan sore hari. Kamu bisa memandikannya dengan kerambah atau di semprot, tergantung dari kebiasaan si burung dari kecil.

6. Kerodong dan Masterin

Setelah semua selesai, kamu bisa melakukan pemasteran dengan melakukan kerodong. Hal ini bertujuan agar burung fokus mendengarkan suara masteran yang sedang ia dengar.

Itulah beberapa cara merawat burung cucak ijo yang paling gampang, kamu bisa melakukan perawatan tersebut pada burung anakan atau trotol juga loh.