Tips Agar Kacer Memenangi Lomba Dan Bisa Juara

Burung juara atau menang dalam lomba merupakan salah satu keisitimewaan tersendiri. Termasuk pada kacer yang banyak sekali latber atau lomba yang diikutinya. Sebagai burung lomba, tentu saja kacer banyak diincar oleh kicau mania seantero negeri.

Kacer juara juga harus memiliki kriteria yang harus kamu pahami agar tidak kalah dengan burung-burung lain yang mengikuti lomba. Misalnya adalah dengan melakukan perawatan ekstra, pengkrodongan, dan pemasteran.

Faktor-faktor yang menjadi pemenang dalam lomba kacer adalah burung memiliki variasi suara yang banyak, tidak giras, buka sayap, dan tidak mbagong. Kriteria seperti itu wajib dimiliki oleh semua pecinta kacer. Jika tidak, maka jangan harap deh dapat juara.

Berikut adalah Tips Agar Kacer Menang Lomba;

Membuat kacer juara lomba sebenarnya sangat mudah dilakukan. Kamu cukup lakukan 3 tips yang saya berikan ini untuk melatih burung  kacer juara.

1. Pemberian EF yang cukup

EF adalah Ekstra Fooding. Makanan ekstra yang wajib di kasih burung sebelum lomba dengan tujuan untuk menambah gaya gedor dan dapat meningkatkan birahi kacer. Tapi perlu diingat, memberikan EF tersebut harus dengan dosis yang cukup, jangan sampai berlebihan.

EF tersebut seperti UH atau ulat hongkong, cacing, kelabang atau lipan, dan tentu saja kroto. Pemberian EF harus dilakukan 1 hari sebelum lomba.

2. Latihan Dengan Kacer Lain

Sebelum mengikuti perlombaan, sebaiknya kamu melakukan pelatihan mental kacer juara. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menguji sebagus mana burung tersebut. Dan jika memang sudah pantas bertanding, maka segera daftarkan. Dan perlu diingat, kalau kacer sedang mabung, maka jangan pernah daftarkan untuk lomba.

Namun, jika burung belum siap bertanding dan masih mbagong, maka segera batalkan niat kamu. Hal ini, jika dipaksakan akan membuat burung kacer stres dan tidak mau berbunyi lagi. Usahakan, latihan 1 jam sekali selama seminggu sebelum lomba dengan intesitas waktu yang terus ditambah.

3. Keunikan Suara dan Variasi

Lakukan pemasteran burung secara rutin untuk menambah variasi suara yang dimiliki kacer. Hal ini menjadi nilai tambah bagi orang yang gemar lomba kacer. Keunikan suara burung kacer dinilai dari tinkat kesulitan dan volume nya. Jika volume semakin keras, maka burung tersebut bisa menjadi pemenang karena dapat membuat burung lain jadi mbagong.

Itulah 3 tips kacer lomba dan bisa juara yang harus kamu lakuin pada burung kesayangan kamu dengan sabar dan telaten maka burung bisa jadi lebih bagus lagi. Apalagi kalau bisa jadi juara kacer indonesia, wah pasti harganya sangat mahal sekali.