Tanda-Tanda Kacer Mabung Yang Sering Terjadi

Mabung merupakan kata lain dari ganti bulu. Semua burung pasti mengalami mabung termasuk kacer. Nah, ada beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan ketika burung sedang mabung adalah dengan melihat seberapa banyak bulu yang jatuh.

Cara merawat kacer mabung juga harus dengan keahlian khusus, tidak boleh sembarangan. Dan yang pasti harus dengan teknik khusus supaya burung mau berbunyi lagi ketika mabung selesai. Banyak para pecinta kicau mania heran, mengapa burung tidak mau bunyi ketika mabung dan lain sebagainya. Mungkin artikel ini dapat membantu anda.

Apa itu MABUNG?

Sudah saya jelaskan seperti yang di awal tadi, mabung adalah proses pergantian bulu lama ke bulu yang baru. Hal ini lumrah terjadi pada semua burung yang memiliki bulu. Proses ganti bulu itu juga akan memakan waktu yang berbeda-beda dan tidak sama untuk setiap burungnya.

Kacer melakukan proses pergantian bulu pertama itu sekitar 2 sampai 3 bulanan. Nah, setelah itu burung tersebut tidak akan mabung sampai 1 tahunan. Setelah itu, akan terjadi lagi mabung dengan durasi yang lebih cepat, yaitu 1 bulan, begitu seterusnya.

Pasti kamu bagaimana bisa burung kacer mabung dan solusinya adalah dengan melakukan perawatan kacer ganti bulu yang paling mudah dilakukan.

Proses mabung pada kacer dapat kita lihat dengan tanda-tanda sebagai berikut;

1. Bulu besar seperti sayap atau ekor lepas

Bulu kacer lepas satu persatu merupakan proses yang tidak bisa kita elakkan. Bahkan bulu ekor atau sayap juga akan terlepas dengan sendirinya. Apabila kamu sering memandikan kacer di pagi hari, ketika melihat disangkar, pasti akan ada bulu besar yang terlepas. Nah, itu sudah dipastikan kacer anda mengalami masa mabung.

2. Tidak Mau Berbunyi

Burung yang biasanya receh atau rajin bunyi tiba-tiba diam membisu bagaikan burung yang tidak memiliki mulut. Itu mungkin salah satu tanda bahwa burung mengalami masa-masa ganti bulu. Kamu harus pahami hal tersebut dan melihat gerak gerik kacer kesayangan anda.

3. Nafsu makan tinggi

Jika makanan biasanya habis dalam 2-3 hari dan ternyata anda kaget hanya 1 hari sudah habis, maka itu juga merupakan ciri khas burung kacer sedang mabung. Nah, burung yang makannya banyak itu karena mereka membutuhkan vitamin untuk mempercapat proses pertumbuhan bulu. Oleh karena itu kamu jangan heran makanan kacer cepat habis.

Itulah 3 ciri-ciri kacer yang mabung. Kamu bisa melihatnya lebih detail lagi, apabila burung itu sedang memperbaiki bulunya. Akan terlihat si burung akan merapikan setiap tatanan bulunya. Nah, bagaimana cara merawatnya, saya juga akan menjelaskannya secara detail deh..

Merawat Kacer Ganti Bulu

Perawatan khusus juga harus kamu berikan. Selain melakukan perawatan rutin, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal yang tidak diperbolehkan ketika merawat si burung kacer. Mau tauh? Ini nih dia;

1. Tidak Perlu dimandikan

Sebenarnya boleh saja dimandikan, asalkan tidak keseringan. Ya paling tidak 3-5 hari sekali tergantung dari lamanya mabung. Jika sering dimandikan, maka proses pergantian bulu kacer akan terhambat dan tentu saja ini menambah masa mabung kacer.

2. Tambah Porsi Makan

Untuk burung mabung yang perlu itu sebenarnya adalah menambah porsi makannya. Misalnya dengan menambah jangkrik, yang biasanya 5 ekor pagi hari, kini diganti dengan 8-10 ekor setiap paginya, dan begitu juga sorenya. Nah, hal ini dikarenakan supaya bulu baru kacer cepat tumbuh.

3. Waktu Yang Tepat Untuk Masterin

Selama proses mabung, kacer akan mudah sekali mengikuti setiap bunyi burung yang didengarnya. Nah, itulah mengapa selama kacer tersebut ganti bulu banyak kicau mania melakukan pemasteran agar suara kacer terlihat lebih bagus dan plong. Hal tersebut tentu saja sudah dicoba oleh kicau mania lainnya, sehingga hal ini terbukti ampuh untuk menambah koleksi bunyi kacer.

Mengatasi kacer ganti bulu dengan mudah bisa kamu lakukan hanya dengan 3 cara diatas dan durasi ganti bulu kacer juga tergantung dari perawatannya. Bulu kacer lepas dan pengobatannya bisa kamu praktekkan asalkan memiliki niat dan kesempatan.