Makanan Kacer Yang Paling Jos Untuk Menambah Mental Tarung

Mental tarung burung kacer memang ditentukan oleh makanannya. Makanan burung kacer paling bagus adalah syarat untuk membuat peliharaan mau bersuara. Jika salah memberi pakan, maka kacer akan ogah mengeluarkan suara indahnya. Nah, untuk itu jika kamu memang berniat untuk menjadikan burung tersebut sebagai juara di setiap pertandingan, maka kamu harus memperhatikan pola makannya.

Memberikan makan pada burung kacer yang benar adalah dengan memperhatikan setiap pergerakannya. Meskipun burung ini masih giras, namun apabila ada makanan seperti jangkrik atau ulat hongkong maka kacer akan terlihat lebih bersemangat. Tapi, ada hal-hal lain yang perlu kamu perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Pemberian Pakan Tidak Boleh Melebih Batas

Hal ini dimaksudkan agar burung tidak stres karena kelebihan makanan. Ya, misalnya saja jika anda memberikan jangkrik sebanyak 30 ekor setiap hari, secara otomatis burung akan merasa eneg. Dan pertumbuhannya juga semakin cepat sehingga membuat burung akan malas berbunyi.

Memberi makan kacer yang jos bisa kamu lakukan asal tidak melebih batas normal. Yang paling penting kacer juga tidak kelaparan.

Selain karena itu, jika memberikan makan kacer secara berlebihan akan membuat burung semakin cepat mati. Hal ini karena kandungan di tubuh jangkrik yang banyak mengandung Asam Amino.

2. Beri Makan Secara Teratur dan Stabil

Ingin memiliki kacer dengan suara yang bagus dan keras. Kamu harus rajin memberikan makan setiap hari. Pemberian makan ini karena burung kacer membutuhkan asupan gizi yang cukup. Usahakan jika memberikan makan itu bervariasi seperti Ulat Hongkong, Jangkring, Kroto dan lain sebagainya.

Mengapa? Karena untuk mengantisipasi tingkat stres si burung. Jika makanannya itu-itu saja, maka burung juga akan merasa bosan dan tidak bunyi. Pemberian makan yang benar-benar bagus adalah dengan memberikannya secara teratur, misalnya saja 5 jangkrik dipagi hari, 5 jangkrik disore hari, besok diganti lagi dengan Ulat Hongkong atau UH dan begitu seterusnya sampai berbulan-bulan sampai burung terlihat semangat.

Hal ini juga akan mendekatkan si burung kepada si pemilik karena burung akan mudah mengenali siapa empunya dan sambil memberi makan, ada baiknya kamu juga sambil memasterin burung dengan kicauan dari burung lain seperti Kenari, Lovebird, Cucak Ijo dan lain-lain.

3. Untuk Menambah Mental Tarung, Berikan Makanan Spesial

Tentu saja makanan untuk kacer yang spesial memang harus diberikan dengan benar dan teratur. Misalnya saja seperti Kelabang atau Lipan, Cacing dan Kroto. Hal ini ternyata sangat efektif untuk menambah suara plong burung kacer loh. Sudah banyak para master membuktikan cara tersebut, tergantung bagaimana anda mempraktekkanya.

Mental tarung kacer yang bagus bisa dilihat dari cara melatihnya. Jika kita tidak melatih burung kacer dengan benar, maka akan sulit untuk menambah mental kacer.

4. Jangan Sampai Habis dan Telat Memberikan Makan Burung Kesayangan

Telat sedikit saja, bisa modar alias mati. Meskipun tidak mati, ya paling lemes, jika sudah lemes burung akan malas-malasan dan tidak memiliki semangat. Hal ini bisa terjadi karena anda si pemiliki telat memberikan makanan.

Jika telat kasih pakan burung kacer, bisa saja burung tersebut akan stres. Bayangin aja deh kalau kamu yang telat makan, pasti udah sakit-sakitan bukan. Nah, bayangin jika kacer ini tidak dikasih makan, apalagi sampai berhari-hari. Sudah jelas tinggal nunggu takdir saja.

5. Makan Dicampur-campur tidak akan Efektif membuat suara yang bagus

Meskipun banyak yang menyarankan untuk mencampur pakan kacer supaya memiliki suara yang jos, tapi jangan kamu lakukan hal tersebut. Jika kamu lakukan, sama saja membunuh kacer itu. Kecuali memang burung anda sudah terbiasa dengan makanan yang tercampur-campur.

Makanan yang dicampur hanya membuat burung tidak bisa berbunyi. Memang faktor makanan kacer yang baik dan benarlah yang mampu membuat burung ini berbunyi. Jadi, saya menyarankan untuk anda agar selalu tetap menjaga pola makan burung kacer supaya suaranya juga tidak hilang.