Cara Tepat Merawat Anakan Kacer Supaya Cepat Bunyi

Merawat kacer itu susah-susah gampang, nah yang paling mudah adalah dengan perawatan yang benar sampai bunyi. Mau tau caranya bagaimana? Tentu kamu harus tahu trik-trik atau tips agar merawat kacer anakan tidak salah dan burung kamu mau bunyi.

Bunyi kacer identik dengan suara yang keras dan sangat indah. Nah, oleh sebab itu banyak sekali pakar burung menyarankan jika ingin memiliki kacer yang istimewa, kamu harus benar-benar mencarinya dari anakan. Untuk merawat burung anakan itu juga susah loh, apalagi kacer. Berikut adalah triknya;

1. Bunyi Tergantung Pada Jenis Kelamin

Yaps, benar sekali. Burung yang mau bunyi tentunya adalah berjenis kelamin jantan. Tapi, tidak bisa dipungkiri kalau burung kacer betina juga mau berbunyi, bahkan terkadang juga ngeriwik. Untuk itu, sebelum memutuskan melakukan perawatan yang lebih intensif, kamu harus bisa membedakan jenis kelamin burung kacer anakan, betina atau jantan.

Suara burung kacer sangat tergantung dari jenis dari kelaminnya. Kalau kamu merawat anak kacer yang betina, tentu saja tidak akan berbunyi dengan plong.

2. Berikan Vitamin Yang Cukup

Vitamin itu juga sebenarnya ada banyak sekali jenisnya. Ada yang berbentuk cair ataupun bubuk. Memberikan vitamin pada kacer merupakan salah satu trik supaya burung kamu mudah berbunyi. Selain vitamin cair atau bubuk, kamu juga bisa memberikan makan kacer dengan ulet hongkong ataupun jangkrik.

Perawatan burung kacer dengan menambah vitamin merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh kicau mania. Jika tidak, maka burung akan malas bunyi.

Baca juga: Tips Merawat Kacer Juara

Supaya cepat bunyi lakukan cara perawatan kacer dengan benar sehingga burung tidak mudah stres dan giras ketika kita memberikan makan. Sebaiknya, tambah vitamin ketika burung sedang mabung.

3. Mandikan Kacer Secara Rutin

Sebelum mabung atau ganti bulu, pastikan kacer itu sering mandi. Hal ini bertujuan agar kacer terlihat sehat dan bugar. Cara perawatan kacer anakan juga harus ekstra agar burung tidak stres. Tentu saja dengan memandikan anak kacer dapat membuat kebiasaan unik, seperti dimanja-manja gitu, dan akhirnya burung juga jadi nurut.

Cara merawat burung kacer dengan memandikan ini sudah banyak yang melakukannya. Dan hasilnya burung memiliki mental yang bagus.

4. Melakukan Krodong

Krodong atau penutupan sangkar pada malam hari juga sangat penting. Jangan sampai burung stres dengan berbagai cahaya yang terdapat di rumah kita. Burung kacer jika takut pasti akan giras dan terbang sana-sini. Oleh karena itu, krodong penting supaya burung tidak giras.

5. Membersihkan Kandang Dengan Telaten

Anggap saja seperti anak sendiri, merawat burung kacer juga perlu ketelatenan. Jika tidak, maka jangan harap burung itu mau bunyi. Jikalaupun bunyi, pasti hanya sekedarnya saja. Nah, melakukan pembersihan pada kandang kacer juga harus dilakukan agar merawat kacer anakan sukses untuk bunyi.

Selain itu juga pastikan makanan burung kacer juga harus tepat dan harus sesuai dengan waktu makannya. Ini dilakukan supaya kacer tidak stress.

itulah 5 cara merawat kacer dari anakan yang sebenarnya mudah untuk dilakukan agar burung cepat bunyi dan tentu saja bisa menjadi peliharaan terbaik dirumah. Dan itulah cara melatih kacer cepat bunyi yang bisa dilakukan dirumah sambil ngopi-ngopi santai